Ulas Singkat Jaringan Pribadi Internetan VPN

Monday, March 21st 2016. | Internet, Jaringan
Sponsored Links
VPN

VPN

Sudah pernah dengar belum istilah VPN? Apakah VPN itu? Dan apa fungsinya? Bagi yang masih awam  tentang dunia internet, tenang, saya bantu sedikit supaya kamu bisa memahami pengertian dari VPN. Sebaliknya bagi kamu yang sudah melanglang buana di dunia teknologi dan informasi boleh lah saling berbagi ilmu untuk membuat konten ini lebih sempurna.

VPN atau Virtual Private Networking merupakan jaringan yang digunakan untuk terhubung dengan internet. Dengan VPN ini kamu dapat membuat jaringan pribadi sehingga informasi pribadi kamu akan tetap aman saat kamu berselancar di internet melalui jaringan terbuka seperti misalnya Wi-Fi Hotspots. Bukan rahasia lagi, VPN dapat juga digunakan untuk mengakses website yang diblokir.

Lalu bagaimanakah cara kerja dari VPN ini?

Virtual Private Network memiliki cara kerja yang hampir sama seperti proxy software semisal Ultrasurf atau juga Bitvise. Saat perangkat komputer terhubung ke VPN, semua paket data yang akan dikirim melalui server VPN terlebih dahulu kemudian diteruskan ke web server. Begitu pula sebaliknya, paket data yang akan diterima komputer akan melalui VPN server sebelum diteruskan ke komputer yang sedang kamu gunakan.
Proses pengiriman dan penerimaan paket data melalui jaringan internet tersebut akan aman dan tidak terlacak karena sudah dilindungi oleh enskripsi server VPN.

Yang dimaksud dengan aman disini adalah ketika kamu terhubung ke internet lewat jaringan terbuka misalkan Hotspots Wi-Fi, aktivitas browsing pada situs web yang tidak menggunakan protokol HTTPS akan terlihat oleh orang lain yang juga terhubung dengan jaringan yang sama. Aktivitas yang kamu lakukan bisa dengan mudah diketahui oleh orang lain. Inilah yang menjadi celah dimana kejahatan cyber crime lebih sering terjadi pada orang yang menggunakan akses internet yang terbuka.

Bagaimana mengatur VPN pada komputer?

Sejauh yang saya ketahui, ada dua cara untuk mengatur VPN pada komputer. bisa mengatur secara manual bisa juga dengan menggunakan software atau perangkat lunak.

Mengatur VPN secara manual :

  1. Buka control panel
  2. Pilih network and sharing center
  3. Set up new connection
  4. Pada tab choose a connection option pilih connect to a workspace
  5. Next
  6. Pada tab do you want to use a connection that you already have? Pilih No, create a new connection
  7. Next
  8. Pada tab how do you want to connect? Pilih use my internet conncection (VPN)
  9. Masukan IP public dari VPN server
  10. Untuk nama kamu bisa menambahkan nama sesuai keinginan kamu
  11. Next
  12. Masukan username dan password dari akun VPN
  13. Pilih connect

Untuk bisa menggunakan VPN ini, kamu harus punya akun VPN dulu.

Untuk menggunakan software caranya sangat mudah, ada banyak software di internet yang bisa digunakan. Kalau sudah memiliki softwarenya kamu tinggal memasukan open VPN kedalam data confignya. Setelah itu tinggal konekan modem dan konek vpn kamu.

Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • jaringan priba
  • jaringan pribadi
tags: , ,

Related For Ulas Singkat Jaringan Pribadi Internetan VPN