Video game meningkatkan fungsi kognitif otak

Sunday, May 14th 2017. | Games
Sponsored Links

Video game, tidak asing lagi didengar bukan? Video game itu merupakan perangkat lunak yang menggunakan listrik. Biasanya orang akan bermain game ketika dia merasa bosan atau juga terlalu banyak pikiran. Video game juga melatih ekspresi manusia ketika memainkannya, banyak sekali orang yang senang memainkannya, dan tak heran lagi kalau peminat video game bukan lagi dari kaum anak kecil, bahkan orang dewasapun senang memainkannya, berbagai variasi video game saat ini. Konsol  video game pun telah banyak, sebut saja PS2 yang sangat sangat laris didunia konsol video game oleh SONY Corporation. Selain itu juga ada juga seperti PSP, PS3, PS Vita, Nintendo Wii, dan lain-lain. Bahkan sekarang ada generasi kedelapan seperti WiiU, Playstation, dan juga XBOX 720.

Video game meningkatkan fungsi kognitif otak

Video game meningkatkan fungsi kognitif otak

Dan siapa yang bilang kalau bermain video game mempunyai efek buruk bagi seseorang? Bahkan itu tak sepenuhnya benar terbukti. Sebab bermain video game dapat meningkatkan fungsi kognitif otak. Ditemukan dari penelitian terbaru di inggris, bermain video game bisa meningkatkan fleksibilitas kognitif yang juga merupakan komponen yang penting untuk belajar. Dari hasil penelitian itu, sang peneliti menemukan bahwa responden yang bermain game jenis RTS (Real Time Strategy) selama 40 jam dalam waktu tujuh minggu bisa mencetak angka lebih tinggi dalam tes kognitif dibandingkan mereka yang bermain permainan simulator hidup manusia.

“ Pada penelitian sebelumnya, juga menunjukan efek pada mental positif permainan puzzle. Namun studi ini difokuskan pada game yang mengaktifkan lebih pada cabangg fungsi kognisi seseorang, dimana itu akan sedikit memaksa anda dalam mempertimbangkan beberapa tugas yang saling berhubungan pada lingkungan “ demikian Brian Glass mengatakan.

Dan untuk mendapatkan manfaat dari fungsi penelitian ini, tidaklah perlu menjadi jagoan dalam permainan Starcraft. Disamping itu bermain game RTS mungkin akan lebih banyak menuai manfaat ketimbang orang yang bermain game yang hanya mengeklik setiap tombol.

Bermain video game sendiri mempunyai dampak positif dan negatif, dan dibawah ini merupakan dampak positif atau manfaat yang diperoleh dari permainan video game:

menghilangkan stres

Bermain video game dapat menghilangkan sedikit rasa stres yang telah memenuhi pikiran seseorang, dan kebanyakan orang yang sedang merasa stres dalam hal pribadinya dia mungkin akan memilih untuk bermain video game guna menghibur dirinya, dan menjadikan suasana hati yang baik.

mengurangi rasa bosan

Kini banyak sekali seorang pelajar yang mulai merasa bosan dan jenuh ketika dia akan menghadapi ujian semester, mengalihkannya dengan bermain video game. Tapi ini juga tidak boleh berlebihan karena akan menjadikan seseorang tidak fokus dalam mengerjakan sesuatu yang sedang dia hadapi.

menambah jiwa berpetualang

Kini juga telah hadir video game yang bernuansa alam, dan itu memicu orang yang bermain untuk berjiwa petualang. Ini sangatlah bermanfaat bagi orang yang memainkannya.

-menambah kecepatan gerak jari

Bermain dengan bideo game juga melatih percepatan gerak jari, ini juga bisa dirasakan ketika sesorang bermain playstasion menggunakan joystick.

Adapun dampak negatif dari bermain video game berikut ini:

menimbulkan rasa kecanduan

Ini merupakan hal yang sangat berbahaya bagiseorang pelajar, karna akan menguragi kesemangatan dalam belajar. Dia akan lebih senang bermain video game daripada mengerjakan PR.

menimbulkan rusaknya mata

Jika seseorang terus-menerus memainkannya, kemungkinan besar akan terjadi minus, yaitu rusaknya penglihatan. Akan lebih dirasakan lagi jika sesorang memainkannya ditempat yang gelap , tetapi tingkat kecerahan pada layar sangat tinggi.

Nah guys, ternyata bermain video game sisi positif dan negatifnya loh, kalau bermain terlalu lama juga akan menyebabkan kecanduan terhadap game. Jadi yang wajar saja yaa kalau ingin memainkannya.

Incoming search terms:

  • mencetak kognitif bs
  • mengapa game starcraft bisa membuat kongnitif seseorang meningkat
tags: , , , , , , ,

Related For Video game meningkatkan fungsi kognitif otak