VIRUS KOMPUTER dan CARA MENGATASINYA

Friday, March 4th 2016. | Blog
Sponsored Links

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen) membuat para pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.

Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara segnifikan. Hampir 95% virus komputer berbasi sistem operasi Windows. Sisanya menyerap Linux/GNU,Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

JENIS VIRUS KOMPUTER

Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkan segala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya, virus komputer dapat dikelompokkan kedalam kategori sebagai berikut.

  • Worm : Menduplukatkan dirinya sendiri pada harddisk. Ini membuat sumber daya komputer (haarddisk) menjadi akan penuh worm itu.
  • Trojan : Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya pada pembuat trojan itu sendiri.
  • Back door : Hampir sama dengan Trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baik saja. Misalnya game.
  • Spyware : Virus yang memantau komputer yang terinfeksi
  • Rogue : Merupakan program yang meniru program antivirus dan menampikan aktivitas layaknya antivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya viru. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktifasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.
  • Rookit : Virus yang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus : Virus yang mengubah pengkodeanya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus Ponsel : Virus yang berjalan di telepon seluler dan dapat berbagai macam efek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di telepon seluler, sampai membuat panggilan-panggilan dan menghabiskan pulssa pengguna telepon seluler.

CARA MENGATASI VIRUS KOMPUTER

Virus merupakan hal yang sangat mengganggu dan menyebalkan dan bisa terjadi pada siapa saja bahkan pada komputer sekalipun. Tidak hanya tubuh manusia yang seringkali terkena virus sehingga menyebabkan suatu penyakit, namun perangkat elektronik seperti komputer juga bisa terserang virus yang dapat mengganggu bahkan merusak sistem kerja dari komputer itu sendiri. Virus bisa secara tiba-tiba mengganggu berbagai aktivitas yang sedang anda kerjakan di komputer, baik sedang mengerjakan tugas atau bermain game. Mungkin anda pernah mengalami hampir setiap hari selalu ada virus yang muncul yang bertujuan untuk menggaggu bahkan merusak sistem kerja komputer. Sementara itu biasanya anda mengetahui Cara Mengatasi Virus dengan menggunakan antivirus dan menginstalnya ke komputer anda. Namun terkadang virus bisa sangat bandel dan susah untuk dihapus oleh antivirus sekalipun.

Selain mengandalkan antivirus untuk melindungi komputer anda. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi virus komputer, seperti dibawah ini :

  1. Boot komputer anda dalm keadaan safe mode. Kemudian tekan tombol f8 beberapa kali sampai layar hitam dan putih muncul, lalu pilih safe mode dan tekan enter pada keyboard anda.
  2. Setelah sukses melakukan booting, bersikan dan optimalkan browser yang terinstal dikomputer. Hapus semua riwayat download dan browsing termasuk aktif log., cache dan cookie. Sangat dianjurkan unutk anda membersihkan semua browser yang digunakan saat browsing atau mengunduh file.
  3. Tutup semua window yang terbuka dan temukan icon my computer pada dekstop. Lalu klik kanan dan pilih properties, pilih tab System Restore atau System Protection pada pilihan disebelah kiri kemudian pilih System Restore dan centang checkbox “Turn Off System Restore”. Hal ini tersebut bertujuan untuk menghentikan virus menginstal ulang saat anda merestart komputer.
  4. Tutup semua jendela yang terbuka lalu klik menu ”Start” dan kemudian ketikan WinMSD dikolom search atau run, lalu enter. Cari atau pilih software environment dan pilih “Starttup Program”. Lalu scanning atau hapus semua program yang tidak dikenal secara manual . Anda bisa mencari di mesin penari daftar malware yang ada dan biasanya nama program virus dimulai dengan “HKLM\\”.

 

tags: , ,

Related For VIRUS KOMPUTER dan CARA MENGATASINYA