Virus Shortcut – Kenali Karakteristiknya Sebagai Virus yang Berbahaya

Friday, February 12th 2016. | Blog
Sponsored Links

Pengenalan virus shortcut sebagai malware berbahaya bagi komputer

Virus komputer memanglah sebuah malware yang sangat mengganggu kinerja uer dalam bekerja, selain membuat onar terhadap data juga membuat data dicuri bahkan hilang dan merusak sistem operasi komputer, virus itu memang harus dibasmi dan dicari tau jenis-jenisnya serta penawar jenis virus tersebut, karena semakin lama teknologi semakin canggih maka pembuatan virus pun juga semakin canggih bahkan tertata rapih.

Nah sebab itulah disini saya kenalkan virus yang paling berbahaya bagi komputer dan bisa dibilang cukup sulit untuk dibasmi karena jika sudah terkena biasanya sangat sulit mencari antivirus yang pas, bahkan jenis antivirus yang canggih sekalipun belum tentu dapat membasminya, maka dari itulah sebelum terkena lebih parah ataupun lebih menjurus kedalam, alangkah baiknya apabila anda mengetahui sejak awal karakteristik dari virus shortcut.

Kenali Karakteristiknya Virus Shortcut

Kenali Karakteristiknya Virus Shortcut

Kenali Karakteristik dari Virus Shortcut

  • Terinfeksi awal

Apabila komputer anda terinveksi virus shorcut maka coba saja lihat pada windows explorer yang berisi data-data, tepatnya pada bagian My Document, didalam folder tersebut virus shortcut membuat ibunya database atau database induk yang mana akan membuat namefile database.mdb

  • Waspadai nama file yang berbeda

Ciri-ciri yang kedua yang dimiliki oleh virus shortcut yakni mengelabui pengguna dengan perbedaan nama yang sangat dekat dan hampir tidak bisa dibedakan, perbedaannya hanya satu huruf saja yaitu huruf “s”, bagaimana maksudnya?

Coba bedakan aja antara file milik virus dengan dengan file milik komputer asli, apabila milik virus maka dia akan membuat nama thumb.db, namun apabila milik komputer asli maka file tersebut termasuk dalam folder atau file cache yang berda pd drive komputer anda dan namanya pun adalah Thumbs.db, berbeda bukan dengan file virus yang tidak ada huruf “s” nya

  • Membuat file terinfeksi setiap folder yang ada

Kemudia karakteristik selanjutnya dari virus shortcut adalah pembuatan folder milik virus yang akan disebarkan ke setiap folser yang ada, entah harddisk, folder di komputer bahkan flashdisk sekalipun. Jika komputer telah terinfeksi maka semua folder akan terkena, dan folder virus ini menamai dirinya dengan file autorun.inf

  • Menjebak pengguna komputer

Nah langkah selanjutnya dari rencana virus shortcut ini adalah membuat file yang dapat membuat user atau pengguna terjebak dengan file yang sudah dibuat oleh virus shortcut tersebut, nah tepatnya virus ini akan menciptakan suatu file yang bernama microsoft.ink dan juga file yang bernama extensi.ink yang mana akan bersarang pada tiap-tiap file folder yang ada,

kalau sudah begitu apa yang perlu dilakukan? Nah dari sini jangan sampai anda mengkliknya atau membuka file folder tersebut yang sudah dicurigai keberadaan file virus, karena apabila anda mengeklik folder tersebut maka anda telah membuat virus yang ada di folder tersebut aktif.

  • Cek Task Manager

Disini langkah terakhir adalah supaya melakukan pengecekan pada program task manager, setelah anda membuka programnya silahkan anda lihat apakah pada task manager terdapat file yang bernama wscript.exe ataukah tidak yang mana file tersebut berjalan pada operasi sistem komputer anda, nah apabila positif terdeteksi ada maka disangatkan untuk segera menonaktifkan file tersebut dari komputer anda, mengapa? Karena sangat tidak mungkin sekali file tersebut dapat bekerja atau beroperasi dalam situasi yang normal.

Nah sekarang anda sudah paham bukan, terkait artikel mengenai Virus Shortcut dan mengenali karakteristiknya sebagai virus yang berbahaya. Disini saya sarankan untuk selalu update antivirus secara rutin agat virus-virus yang berjenis baru dapat terdeteksi keberadaannya dan tentunya anda dapat langsung mengatasinya.

Incoming search terms:

  • jenis virus komputer dari huruf S
  • jenis virus komputer awalan s
  • jenis virus komputer berawalan huruf s
  • jenis virus komputer depannya s
  • jenis virus komputer huruf depan S
  • Jenis virus komputer awalan huruf s
  • Jenis virus komputer 4 huruf
  • virus komputer berawalan s
  • jenis virus komputer dari s
  • jenis virus komputer huruf S
tags: , , , ,

Related For Virus Shortcut – Kenali Karakteristiknya Sebagai Virus yang Berbahaya