Waspada !! Radiasi pada Komputer Ancam Kesehatan Mata

Monday, March 13th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Pemakaian computer yang terus menerus akan menyebabkan dampak radiasi yang negative yang dapat mengancam kesehatan mata. Hal demikian memanglah harus kita ketahui sejak dini sebelum menggunakan dan mengoperasikan terlebih dahulu sehingga harus memperhatikan cara-cara untuk mewaspadainya serta dampak yang ditimbukannya. Bahkan radiasi yang timbul ketika kita berhadapan dengan computer adalah dampak radiasi yang berasa dari layar monitor. Kesehatan pada tubuh memang perlu diperhatikan dan dirawat dengan sungguh-sungguh, akan tetapi tidak hanya memperhatikan perawatan tubuh saja, perawatan mata dan pencegahan gangguan yang akan terjadi pada mata pun juga harus benar- benar diperhatikan, karena semua organ tubuh itu saling bekerja sama untuk satu sama lain, sehingga apabila terjadi gangguan kesehatan pada satu organ pun, maka yang lain juga akan berdampak pula.

Akibat Radiasi Komputer terhadap Mata

Akibat Radiasi Komputer terhadap Mata

Dampak radiasi negative yang ditimbulkan oleh computer, antara lain :

  1. Berakibat mata sering berair ketika sedang mengoperasikan computer.
  2. Dikarenakan seringnya berhadapan dengan computer mata menjadi cepat lelah.
  3. Didalam tubuh terjadi mempengaruhi proses memproduksi hormone yang dikenal dengan hormone melatonin, mengapa bisa? Karena saking seringnya menatap computer dan kerja yang dilakukan mata secara berlebihan.
  4. Terus menerusnya kerja mata yang berlebihan terhadap computer, juga dapat menyebabkan sakit kepala (pusing, pening)
  5. Menyebabkan terjadi penyakit Asthenopia merupakan penyakit yang mengakibatkan pupil pada mata menjadi lambat bekerja, karena saking seringnya menatap computer dengan cahaya yang berlebihan.
  6. Penyakit gangguan mata yang timbul seperti Katarak, dikarenakan terjadi kekeruhan lensa mata dan biasanya karena radiasi pada sinar ultraviolet,
  7. Dan lain-lain.

Maka dari itu untuk mewaspadai radiasi negative yang ditimbulkan dari computer anda dengan cara :

  1. Gunakan tampilan layar yang berbeda-beda, contohnya saat bekerja dengan tampilan spreedsheed seperti bekerja pada lembar kerja pada layar monitor, jangan secara terus menerus memandangi tampilan tersebut, akan tetapi buatlah tampilan yang berbeda, mungkin dengan berpindah pada tampilan yang lain, sehingga mata tidak cepat lelah karena terus menerus menatap computer.
  2. Jika bisa menggunakan kacamata, dianjurkan supaya menggunakan kacamata khusus untuk menatap layar monitor, dan biasanya kacamata khusus tersebut dilapisi dengan anti radiasi, sehingga dapat menjaga radiasi yang dikeluarkan oleh layar monitor.
  3. Pilihlah computer dengan radiasi yang rendah seperti jenis layar LCD, layar tersebut memiliki dampak radiasi yang kecil untuk mata, akan tetapi berbeda dengan jenis layar seperti CRT, layar tersebut memiliki dampak radiasi yang cukup besar yang tidak baik untuk kesehatan mata.
  4. Dianjurkan untuk menggunakan metode 20|20|20|20, metode ini sangat baik untuk meminimalisir dampak radiasi yang akan terkena mata. Metode tersebut dilakukan dengan cara : setiap 20 menit sekali supaya mengedipkan mata sebanyak 20 kali, dan supaya mengarahkan mata kita kearah yang lain selain layar monitor sebanyak 20 kali, dan terakhir arahkan mata kearah lain atau kesebuah benda yang memiliki jarak 20 kaki dari posisi kita.
  5. Pencegahan yang lain yaitu dengan cara member jarak antar posisi wajah atau mata sebanyak 45-50 cm dari posisi mata kita, maka itu akan mengurangi dampak yang akan mengancam mata kita.

Radiasi yang disebabkan oleh computer memanglah berbahaya dan dapat mengancam kesehatan mata kita, maka dari itu sebuah pencegahan sejak dini sangatlah penting untuk menghindari ancaman radiasi tersebut. Dan informasi yang diberikan ini supaya diterapkan untuk selalu tetap menjaga kesehatan anda, terutama untuk para pekerja computer.

tags: , , , ,

Related For Waspada !! Radiasi pada Komputer Ancam Kesehatan Mata