Yuk, Kenali Monitor dan Beberapa Macamnya

Sunday, October 16th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Tahukah Anda bahwa di abad ke 21 ini semuanya serba digital. Tahunya bahwa abad ke 21 ini semuanya serba digital adalah ditandai dengan dipakainya berbagai barang elektronik untuk membantu pekerjaan manusia. terciptanya berbagai perusahaan elektromnik sperti televise, handphone, smartphone, laptop ataupun komputer seolah menandakan bahwa era sekarang memang eranya digital. Apakagi dibantu dengan adanya internet maka pekerjaan manusia jauh bisa lebih cepat. Komponen di komputer seperti monitor juga turut andil dalam membantu pekerjaan manusia. namun sebelumnya apakah Anda sudah mengetahui mengenai monitor? Jika belum maka lebih baik Anda simak artikel di bawah ini karena disini nantinya akn membahas mengenai perangkat keras komputer yang satu ini.

Monitor Komputer AOC

Monitor Komputer AOC

Dalam dunia perkomputeran pastilah Anda sudah tidak asing lagi mengenai software dan hardware. Nah kedua komponen ini yang membuat komputer bisa hidup. Software sendiri merupakan perangkat lunak komputer yang didalamnya terdiri program-program yang ada di komputer ataupun laptop. Seperti windows, Microsoft word, google dan masih banyak lagi lainnya sedangkan untuk hardware sendiri merupakan perangkat keras komputer yang fungsinya juga untuk mendukung agar komputer bisa hidup dan dapat digunakan. Biasnya ini terdiri dari CPU, Keyboard, mouse dan yang akan dibahas dalam artikel kali ini yaitu monitor juga termasuk merupakan perangkat keras komputer.

Perangkat keras komputer yang satu ini merupakan perangkat keras yang digunakan sebagai alat output data secara grafis pada sebuah CPU, atau biasa disebut dengan layar tampilan komputer. Layar komputer yang satu ini juga berfungsi sebagai penampilan output video daripada sebuah CPU. Nah layar komputer ini tidk akan dapat dilepaskan dari komputernya karena setiap komputer itu dipakai maka layar komputer juga turut dipakai.  Monitor ini juga bisa disebut dengan VDU (Visual Display Unit). Tetapi dari kesekian kalinya Anda menggunakan sebuah komputer apakah Anda mengetahui mengenai fungsi dari layar komputer ini?

Sebenarnya layar komputer ini difungsikan untuk output dan memori komputer atau central processing unit berupa biner. Nah masih bingung kan maksudnya apa? Disini kita akan mencoba mengubahnya ke dalam bahasa yang dapat dimengerti. Nah tampilan komputer ini berfungsi sebagai penampil gambar. Biasanya juga dapat disebut dengan LCD. Ukuran penampil layar komputer atau yang biasa disebut dengan LCD memberitahu apa jenis resolusi yang tersedia. Misalkan saja sebuah layar penampil komputer sebesar 17 inci itu dapat memiliki resolusi 1024 x 768, sedangkan untuk layar 20 inci akan memiliki 1600 x 1200. Selain itu layar komputer juga terdapat berbagai macam jenisnya yaitu yang pertama ada CRT. CRT merupakan layar komputer yang menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya sebagai layar tabung. Layar ini sangat mirip dengan tabung televise. Cara kerjanya adalah dengan memancarakan sinar electron ke sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat dan menampilkan sisi gelap jika diperlemah.

Kedua ada LCD. LCD ini juga disebut dengan media cairan Kristal. Cara kerjanya adalah dengan cara memancarkan sinar melalui Kristal cair yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk panel-panel kecil yang datar. Ketiga ada monitor LED (Light Emitting Diode). LED ini jauh lebih ramping daripada LCD. LED menampilkan pada layar dengan menggunakan emisi cahaya, dan pada LED ini menggunakan teknologi LED backlight dan lebih efisien cahaya. Kelebihan yang dimiliki oleh LED adalah lebih hemat listrik. Keempat ada layar plasma. Plasma ini menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Gambar yang ditampilkan dalam layar plasma pun jaub lebih baik daripada dalam layar-layar sebelumnya karena plasma menggunakan teknologi gabungan antara CRT dan LCD.

Incoming search terms:

  • perusahaan komputer AOC
  • tampilan layar komputer aoc
tags: , ,

Related For Yuk, Kenali Monitor dan Beberapa Macamnya